Sabtu, 21 Maret 2015

5 Batu “Primadona” Penghias Taman

Material_Batu AlamTABLOIDRUMAH.com– Bila rumput jadi material softscape yang difavoritkan untuk mengisi “lantai” taman, maka batulah yang jadi material “primadona” untuk hardscape-nya. Selain dianggap cukup kental mewakili kesan alami, batu alam juga dinilai kuat dan tahan lama. Bahkan, terdapat beberapa batu alam yang dianggap minim perawatan.
Ingin memakai batu alam sebagai pengisi taman Anda? Berikut 5 pilihan batu alam yang banyak dipakai sebagai elemen pengisi taman.
1. Batu Candi
Batu ini sangat kuat dan mampu memberi kesan sejuk. Meski permukaannya gampang berlumut, dengan melapis coating sebelum dipasang, Anda bisa mengurangi risiko lumut yang muncul.
Harga: Rp90.000/m2
2. Batu Andesit
Batu ini paling diandalkan karena ketahanannya terhadap cuaca dan lumut. Cocok digunakan pada kolam dan lumut. Variasinya pun cukup banyak, mulai dari polos, bintik-bintik hitam, bertekstur garis-garis, sampai kepingan untuk susun sirih.
Harga: Rp105.000 – Rp130.000/m2
3. Batu Koral Bengkulu
Batu koral kerap ditebarkan sebagai elemen dekoratif dalam taman. Agar tak mudah kotor karena terkena tanah, bisa menggunakan batu koral berwarna gelap atau melapisi tanah dengan geotextile (lapisan tambahan untuk tanah).
Harga: Rp40.000/15kg
4. Batu Purwakarta
Seperti batu andesit, batu ini juga tahan terhadap hujan maupun panas asalkan sudah di-coating dengan benar. Tampil dengan semburat dua sampai tiga warna, membuat batu ini mudah dijodohkan dengan tanaman apapun.
Harga: Rp75.000 – Ro85.000/m2
5. Batu Bronjol Pelabuhan
Bentuknya hampir sebesar buah kelapa ukuran sedang. Batu bronjol sangat cocok untuk memagari akar pohon maupun sebagai batu penghias kolam.
Harga: Rp15.000/buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar